Rabu, 08 Januari 2014

Metode Pembelajaran Scramble

Scramble merupakan metode mengajar dengan membagikan lembar soal dan lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Siswa diharapkan mampu mencari jawaban dan cara penyelesaian dari soal yang ada. Scramble dipakai untuk jenis permainan anak-anak yang merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemikiran kosakata. Sesuai dengan sifat jawabannya scramble terdiri atas bermacam-macam bentuk yakni :
a.       Scramble kata, yakni sebuah permainan menyusun kata-kata dan huruf-huruf yang telah dikacaukan letaknya sehingga membentuk suatu kata tertentu yang bermakna misalnya :
alpjera = pelajar
ktarsurt = struktur
b.      Scramble kalimat : yakni sebuah permainan menyusun kalimat dari kata-kata acak. Bentuk kalimat hendaknya logis, bermakna, tepat, dan benar. Contohnya :
komme – Ich – aus – Bandung = Ich komme aus Bandung
c.       Scramble wacana : yakni sebuah permainan menyusun wacana logis berdasarkan kalimat-kalimat acak. Hasil susunan wacana hendaknya logis, bermakna.
Melalui pembelajaran kooperatif metode scramble, siswa dapat dilatih berkreasi menyusun kata, kalimat, atau wacana yang acak susunannya dengan susunan yang bermakna dan mungkin lebih baik dari susunan aslinya.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode scramble merupakan metode yang berbentuk permainan acak kata, kalimat, atau paragraf. Pembelajaran kooperatif metode scramble adalah sebuah metode yang menggunakan penekanan latihan soal berupa permainan yang dikerjakan secara berkelompok. Dalam metode pembelajaran ini perlu adanya kerja sama antar anggota kelompok untuk saling membantu teman sekelompok dapat berpikir kritis sehingga dapat lebih mudah dalam mencari penyelesaian soal. Metode permainan ini diharapkan dapat memacu minat siswa dalam pelajaran membaca pemahaman bahasa Jerman.
2.2. Kelebihan dan Kekurangan Metode Scramble
a.       Kelebihan
1)      Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya, setiap anggota kelompok harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama, setiap anggota kelompok harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya, setiap anggota kelompok akan dikenai evaluasi, setiap anggota kelompok berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya, dan setiap anggota kelompok akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif, sehingga dalam teknik ini, setiap siswa tidak ada yang diam karena setiap individu di kelompok diberi tanggung jawab akan keberhasilan kelompoknya.
2)      Metode pembelajaran ini akan memungkinkan siswa untuk belajar sambil bermain. Mereka dapat berekreasi sekaligus belajar dan berpikir, mempelajari sesuatu secara santai dan tidak membuatnya stres atau tertekan.
3)      Selain untuk menimbulkan kegembiraan dan melatih keterampilan tertentu, metode scramble juga dapat memupuk rasa solidaritas dalam kelompok.
4)      Materi yang diberikan melalui salah satu metode permainan ini biasanya mengesankan dan sulit untuk dilupakan.
5)      Sifat kompetitif dalam metode ini dapat mendorong siswa berlomba-lomba untuk maju.
b.      Kekurangan
1)    Pembelajaran ini terkadang sulit dalam merencanakannya, oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
2)    Terkadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan.
3)    Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka pembelajaran ini akan sulit di implementasikann oleh guru.
4)    Metode permainan seperti ini biasanya menimbulkan suara gaduh. Hal tersebut jelas akan mengganggu kelas yang berdekatan.
2.3. Manfaat Penggunaan Metode Scramble
Bagi Peserta Didik :
a.    Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengingat istilah yang sulit akan terkurangi bebannya.
b.    Peserta didik lebih termotivasi untuk belajar.
c.    Meningkatkan kemampuan bekerja sama dan bersosialisasi.
Bagi guru :
a.    Mendapat Pengalaman langsung dalam pelaksanaan pembelajaran.
b.    Sebagai motivasi meningkatkan keterampilan untuk memilih strategi pembelajaran yang bervariasi yang dapat memperbaiki sistem pembelajaran sehingga memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didik.
c.    Guru dapat semakin menciptakan suasana lingkungan kelas yang menyenangkan tapi tetap serius.
Contoh RPP Scramble
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) HIDROKARBON dengan Metode Scramble
Satuan Pendidikan                              : SMA/MA
Mata Pelajaran                                    : Kimia
Kelas / Semester                                  : X / 2
Alokasi waktu                                     : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi                           :
1. Memahami senyawa karbon sederhana,  seperti alkana, alkena dan alkuna.
Kompetensi Dasar                               :
1. Mendeskripsikan struktur dan tatanama senyawa (alkana, alkena dan alkuna)
Indikator Pencapaian kompetensi       :
1.      Mendefinisikan senyawa karbon sederhana
2.      Menyebutkan jenis-jenis senyawa hidrokarbon
3.      Mendefinisikan jenis-jenis senyawa karbon sederhana
4.      Memberi nama senyawa karbon sederhana
5.      Membedakan jenis-jenis senyawa karbon sederhana
Tujuan Pembelajaran   :
1.      Siswa mampu mendefinisikan pengertian hidrokarbon
2.      Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis senyawa hidrokarbon sederhana
3.      Siswa mampu mendefinisikan jenis-jenis senyawa hidrokarbon sederhana
4.      Siswa mampu memberikan nama pada senyawa karbon sederhana
5.      Siswamampu membedakan jenis-jenis senyawa karbon sederhana
Materi Pembelajaran
Materi pokok   : Hidrokarbon
Pendekatan pembelajaran                   : Kontekstual
Metode Pembelajaran                         : Pembelajaran kooperatif
Model Pembelajaran                           : Scramble
Langkah-langkah Pembelajaran

No.

                                           Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1
Kegiatan Awal
ü  Mengucap salam
ü  Memimpin doa
ü  Menanyakan kabar dan siswa yang tidak hadir
ü  Menuliskan topik yang akan dipelajarai yaitu “hidrokarbon”
ü  Apersepsi (anak-anak.. pernahkah kalian melihat gas elpiji? Apakah kalian tahu apa isi dari gas elpiji tersebut?)
ü  Guru memberikan penjelaskan tujuan pembelajaran, Siswa mampu mendefinisikan pengertian hidrokarbon, Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis senyawa hidrokarbon sederhana, Siswa mampu mendefinisikan jenis-jenis senyawa hidrokarbon sederhana, Siswa mampu memberikan nama pada senyawa karbon sederhana, Siswamampu membedakan jenis-jenis senyawa karbon sederhana.

ü  Menjawab salam
ü  Melaksanakan  bersama- sama
ü  Menjawab pertanyaan guru.
ü  Menulis topik yang akan dipelajari
ü  Menjawab pertanyaan guru (harapan guru,peserta didki menjawab “…”
ü  Menulis tujuan pembelajaran atau minimal mendengarkan dengan seksama

2
KKegiatan inti
ü  Menjelaskan materi
ü  Mengecek pemahaman siswa dengan melakukan tanya jawab
ü  Membagi peserta didik kedalam 4 kelompok (setiap kelompok masksimal terdiri atas 10 peserta)
ü  Memberi arahan kepada peserta didik tentang prosedur pelaksanaan games scrambel  yang akan berlangsung
ü  Masing- masing kelompok mengerjakan games scrambel (scramble kata) dengan menyusun huruf- huruf hingga membentuk suatu jawaban yang sesuai dengan soal.
ü  Mengoreksi dan menghitung jumlah poin yang di miliki oleh masing- masing kelompok
ü  Memberi penghargaan (berupa nilai)

ü  Memahami materi yang disampaikan  oleh guru
ü  Siswa aktif menjawab
ü  Membentuk kelompok sesuai dengan pembagian.


ü  Mendengar  arahan guru



v 
ü Setiap kelompok melaksanakan games tersebut






ü Menerima hasil poin yang diperoleh
v 
ü Menerima penghargaan
3
KKegiatan Akhir
ü  Menarik kesimpulan
ü  Memberi evaluasi atau umpan balik dengan cara memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
ü  Menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
ü  Memberi tugas rumah yaitu merangkum materi hidrokarbon maks 1 hal dan mengerjakan LKS . Buat secara pribadi

ü Memahami dan  mencatat
ü Menjawab soal- soal evaluasi
ü  Mengerjakan perintah guru dan dikumpulkan  minggu depan

Media Pembelajaran
Alat/bahan                   : Alat tulis, LCD, peralatan games, dan penghargaan.
Sumber belajar                  : - Sudarmo, Unggul. 2006. Kimia untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: PHißeta Aneka Gama.
-   Lembar Kerja Siswa (LKS)
- Internet
Penilaian
Soal terdiri dari 5 buah soal scramble kata dan 5 buah  soal scramble kalimat. Setiap soal jawaban yang benar mendapat nilai 10
Jumlah benar x 10 =…………. Nilai
Kelompok
Penilaian Games
Jumlah Poin
Word and Sentence Scramble (0-100)
1


2


3


4


  Mengetahui,                                                              Tim Bidang Studi
Kepala Sekolah,                                                          Koordinator,

Dra. Saptorini, M.Si     

Lembar Kegiatan Peserta Didik                                              

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
A.     Alat dan Bahan
-          Alat tulis
-          LKS Kimia Kelas X
B.     Cara Kerja
Bacalah petunjuk kerja dibawah ini
1.      Berdiskusilah dengan teman sekelompok
2.      Susunlah huruf-huruf dan kalimat yang benar pada kolom B sebagai jawaban dari pertanyaan dikolom A.
C.     Bahan Diskusi Kelompok
No
Soal  (A)
Jawaban  (B)
1
senyawa kimia yang mengandung unsur hidrogen (H) dan karbon (C) disebut senyawa….........??
RAKRONIDHOB ..?
2
hidrokarbon alifatik tak jenuh yaitu hidrokarbon dengan satu ikatan rangkap
dua (-C=C-) disebut dengan senyawa….. ??
ELANKA..?

3
Dekuna termasuk senyawa hidrokarbon tak jenuh, dimana senyawa ini mempunyai C sebanyak…..?

LEHUSUP..?


4
Senyawa hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap 3 disebut..
NALUKA..?
5
Senyawa hidrokarbon yang paling sederhana hanya terdiri dari sebuah atom karbon dan 4 atom hydrogen. Senyawa tersebut adalah..
 EMATNA..?

Rubrik Jawaban:

No
Jawaban
Skor

1
HIDROKARBON
20

2
ALKENA
20

3
SEPULUH
20

4
ALKUNA
20

5
METANA
20
JUMLAH SKOR
100






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Text

Pages - Menu