Scramble merupakan metode mengajar dengan membagikan lembar soal dan
lembar jawaban yang disertai dengan alternatif jawaban yang tersedia. Siswa
diharapkan mampu mencari jawaban dan cara penyelesaian dari soal yang ada. Scramble
dipakai untuk jenis permainan anak-anak yang merupakan latihan pengembangan
dan peningkatan wawasan pemikiran kosakata. Sesuai dengan sifat jawabannya scramble
terdiri atas bermacam-macam bentuk yakni :
a. Scramble kata, yakni sebuah permainan
menyusun kata-kata dan huruf-huruf yang telah dikacaukan letaknya sehingga
membentuk suatu kata tertentu yang bermakna misalnya :
alpjera
= pelajar
ktarsurt
= struktur
b. Scramble kalimat : yakni
sebuah permainan menyusun kalimat dari kata-kata acak. Bentuk kalimat hendaknya
logis, bermakna, tepat, dan benar. Contohnya :
komme
– Ich – aus – Bandung = Ich komme aus Bandung
c. Scramble wacana : yakni
sebuah permainan menyusun wacana logis berdasarkan kalimat-kalimat acak. Hasil
susunan wacana hendaknya logis, bermakna.
Melalui pembelajaran kooperatif metode scramble,
siswa dapat dilatih berkreasi menyusun kata, kalimat, atau wacana yang acak
susunannya dengan susunan yang bermakna dan mungkin lebih baik dari susunan
aslinya.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode scramble
merupakan metode yang berbentuk permainan acak kata, kalimat, atau
paragraf. Pembelajaran kooperatif metode scramble adalah sebuah metode
yang menggunakan penekanan latihan soal berupa permainan yang dikerjakan secara
berkelompok. Dalam metode pembelajaran ini perlu adanya kerja sama antar
anggota kelompok untuk saling membantu teman sekelompok dapat berpikir kritis
sehingga dapat lebih mudah dalam mencari penyelesaian soal. Metode permainan
ini diharapkan dapat memacu minat siswa dalam pelajaran membaca pemahaman
bahasa Jerman.
2.2. Kelebihan dan Kekurangan Metode
Scramble
a. Kelebihan
1) Setiap anggota kelompok bertanggung
jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya, setiap anggota
kelompok harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang
sama, setiap anggota kelompok harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama
di antara anggota kelompoknya, setiap anggota kelompok akan dikenai evaluasi,
setiap anggota kelompok berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk
belajar bersama selama proses belajarnya, dan setiap anggota kelompok akan
diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam
kelompok kooperatif, sehingga dalam teknik ini, setiap siswa tidak ada yang
diam karena setiap individu di kelompok diberi tanggung jawab akan keberhasilan
kelompoknya.
2) Metode pembelajaran ini akan
memungkinkan siswa untuk belajar sambil bermain. Mereka dapat berekreasi
sekaligus belajar dan berpikir, mempelajari sesuatu secara santai dan tidak
membuatnya stres atau tertekan.
3) Selain untuk menimbulkan kegembiraan
dan melatih keterampilan tertentu, metode scramble juga dapat memupuk
rasa solidaritas dalam kelompok.
4) Materi yang diberikan melalui salah
satu metode permainan ini biasanya mengesankan dan sulit untuk dilupakan.
5) Sifat kompetitif dalam metode ini
dapat mendorong siswa berlomba-lomba untuk maju.
b. Kekurangan
1) Pembelajaran ini terkadang sulit dalam merencanakannya, oleh
karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
2) Terkadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu
yang panjang sehingga guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah
ditentukan.
3) Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh
kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka pembelajaran ini akan sulit di
implementasikann oleh guru.
4) Metode permainan seperti ini biasanya menimbulkan suara
gaduh. Hal tersebut jelas akan mengganggu kelas yang berdekatan.
2.3. Manfaat Penggunaan Metode Scramble
Bagi Peserta Didik :
a. Peserta didik
yang mengalami kesulitan dalam mengingat istilah yang sulit akan terkurangi
bebannya.
b. Peserta didik
lebih termotivasi untuk belajar.
c. Meningkatkan
kemampuan bekerja sama dan bersosialisasi.
Bagi guru :
a. Mendapat
Pengalaman langsung dalam pelaksanaan pembelajaran.
b. Sebagai motivasi
meningkatkan keterampilan untuk memilih strategi pembelajaran yang bervariasi
yang dapat memperbaiki sistem pembelajaran sehingga memberikan layanan yang
terbaik bagi peserta didik.
c. Guru dapat
semakin menciptakan suasana lingkungan kelas yang menyenangkan tapi tetap
serius.
Contoh RPP Scramble
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
HIDROKARBON dengan Metode Scramble
Satuan Pendidikan :
SMA/MA
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas / Semester :
X / 2
Alokasi waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami senyawa karbon sederhana, seperti alkana, alkena dan alkuna.
Kompetensi Dasar :
1. Mendeskripsikan struktur dan tatanama senyawa
(alkana, alkena dan alkuna)
Indikator Pencapaian kompetensi :
1. Mendefinisikan
senyawa karbon sederhana
2. Menyebutkan
jenis-jenis senyawa hidrokarbon
3. Mendefinisikan
jenis-jenis senyawa karbon sederhana
4. Memberi
nama senyawa karbon sederhana
5. Membedakan
jenis-jenis senyawa karbon sederhana
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa
mampu mendefinisikan pengertian hidrokarbon
2. Siswa
mampu menyebutkan jenis-jenis senyawa hidrokarbon sederhana
3. Siswa
mampu mendefinisikan jenis-jenis senyawa hidrokarbon sederhana
4. Siswa
mampu memberikan nama pada senyawa karbon sederhana
5. Siswamampu
membedakan jenis-jenis senyawa karbon sederhana
Materi Pembelajaran
Materi pokok :
Hidrokarbon
Pendekatan pembelajaran : Kontekstual
Metode Pembelajaran :
Pembelajaran kooperatif
Model Pembelajaran :
Scramble
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
|
Guru
|
Peserta Didik
|
|
1
|
Kegiatan
Awal
ü Mengucap salam
ü Memimpin doa
ü Menanyakan kabar dan siswa yang
tidak hadir
ü Menuliskan topik yang akan
dipelajarai yaitu “hidrokarbon”
ü Apersepsi (anak-anak.. pernahkah
kalian melihat gas elpiji? Apakah kalian tahu apa isi dari gas elpiji
tersebut?)
ü Guru memberikan penjelaskan tujuan
pembelajaran, Siswa mampu mendefinisikan pengertian
hidrokarbon, Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis senyawa hidrokarbon
sederhana, Siswa mampu mendefinisikan jenis-jenis senyawa hidrokarbon
sederhana, Siswa mampu memberikan nama pada senyawa karbon sederhana,
Siswamampu membedakan jenis-jenis senyawa karbon sederhana.
|
ü
Menjawab
salam
ü
Melaksanakan
bersama- sama
ü
Menjawab
pertanyaan guru.
ü
Menulis
topik yang akan dipelajari
ü
Menjawab
pertanyaan guru (harapan guru,peserta didki menjawab “…”
ü
Menulis
tujuan pembelajaran atau minimal mendengarkan dengan seksama
|
2
|
KKegiatan inti
ü
Menjelaskan
materi
ü
Mengecek
pemahaman siswa dengan melakukan tanya jawab
ü
Membagi
peserta didik kedalam 4 kelompok (setiap kelompok masksimal terdiri atas 10
peserta)
ü
Memberi
arahan kepada peserta didik tentang prosedur pelaksanaan games scrambel
yang akan berlangsung
ü
Masing-
masing kelompok mengerjakan games scrambel (scramble kata) dengan
menyusun huruf- huruf hingga membentuk suatu jawaban yang sesuai dengan soal.
ü
Mengoreksi
dan menghitung jumlah poin yang di miliki oleh masing- masing kelompok
ü Memberi penghargaan (berupa nilai)
|
ü Memahami materi yang
disampaikan oleh guru
ü Siswa aktif menjawab
ü Membentuk kelompok sesuai dengan
pembagian.
ü Mendengar arahan guru
v
ü Setiap kelompok melaksanakan games
tersebut
ü Menerima hasil poin yang diperoleh
v
ü Menerima penghargaan
|
3
|
KKegiatan Akhir
ü
Menarik
kesimpulan
ü
Memberi
evaluasi atau umpan balik dengan cara memberikan pertanyaan tentang materi
yang telah diajarkan
ü
Menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam
ü
Memberi
tugas rumah yaitu merangkum materi hidrokarbon maks 1 hal dan mengerjakan LKS
. Buat secara pribadi
|
ü Memahami dan mencatat
ü Menjawab soal- soal evaluasi
ü Mengerjakan perintah guru dan
dikumpulkan minggu depan
|
Media Pembelajaran
Alat/bahan :
Alat tulis, LCD, peralatan games, dan penghargaan.
Sumber
belajar : - Sudarmo,
Unggul. 2006. Kimia untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: PHißeta Aneka Gama.
- Lembar Kerja Siswa (LKS)
-
Internet
Penilaian
Soal terdiri dari 5 buah soal scramble kata dan 5
buah soal scramble kalimat. Setiap soal
jawaban yang benar mendapat nilai 10
Jumlah benar x 10 =…………. Nilai
Kelompok
|
Penilaian Games
|
Jumlah Poin
|
Word and Sentence Scramble (0-100)
|
||
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
Mengetahui, Tim
Bidang Studi
Kepala Sekolah, Koordinator,
Dra. Saptorini, M.Si
Lembar Kegiatan Peserta Didik
LEMBAR KEGIATAN
PESERTA DIDIK
A. Alat
dan Bahan
-
Alat
tulis
-
LKS
Kimia Kelas X
B. Cara
Kerja
Bacalah petunjuk
kerja dibawah ini
1.
Berdiskusilah
dengan teman sekelompok
2.
Susunlah
huruf-huruf dan kalimat yang benar pada kolom B sebagai jawaban dari pertanyaan
dikolom A.
C. Bahan
Diskusi Kelompok
No
|
Soal (A)
|
Jawaban (B)
|
1
|
senyawa
kimia yang mengandung unsur hidrogen (H) dan karbon (C) disebut senyawa….........??
|
RAKRONIDHOB ..?
|
2
|
hidrokarbon
alifatik tak jenuh yaitu hidrokarbon dengan satu ikatan rangkap
dua
(-C=C-) disebut dengan senyawa….. ??
|
ELANKA..?
|
3
|
Dekuna termasuk senyawa hidrokarbon tak jenuh, dimana
senyawa ini mempunyai C sebanyak…..?
|
LEHUSUP..?
|
4
|
Senyawa hidrokarbon yang mempunyai
ikatan rangkap 3 disebut..
|
NALUKA..?
|
5
|
Senyawa hidrokarbon yang paling
sederhana hanya terdiri dari sebuah atom karbon dan 4 atom hydrogen. Senyawa
tersebut adalah..
|
EMATNA..?
|
Rubrik
Jawaban:
No
|
Jawaban
|
Skor
|
|
1
|
HIDROKARBON
|
20
|
|
2
|
ALKENA
|
20
|
|
3
|
SEPULUH
|
20
|
|
4
|
ALKUNA
|
20
|
|
5
|
METANA
|
20
|
|
JUMLAH SKOR
|
100
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar