Senin, 06 Januari 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ASAM ALKANOAT



Satuan Pendidikan      : SMA / MA
Kelas / Semester         : XII / 2
Mata Pelajaran          : Kimia
Materi Pokok              : Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa asam alkanoat
Pertemuan Ke-                       : 36 ( Minggu Ke 19)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
A.     Kompetensi dasar                               :
- Menjelaskan struktur, tatanama dan sifat senyawa asam karboksilat
- Merancang dan melakukan percobaan identifikasi asam karboksilat
B.     Indikator pencapaian kompetensi      :
- Mengidentifikasi senyawa asam karboksilat (asam alkanota) melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa asam karboksilat (asam alkanoat)  yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa asam alkanoat dalam bidang farmasi, industri dll.
C.     Tujuan pembelajaran                         :
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
Mengidentifikasi senyawa asam alkanoat melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa asam alkanoat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa asam alkanoat dalam bidang farmasi, industri dll.
D.     Materi ajar                                         :
1.      Asam Karboksilat
Asam karboksilat merupakan senyawa asam dengan gugus fungsi karboksil – COOH. Gugs fungsi karboksil merupakan gabungan dari gugus karbonil –CHO dengan gugus hidroksil – OH. Golongan senyawa ini paling awal diselidiki oleh para ilmuwan kimiakarena banyak terdapat di alam. Beberapa asam karboksilat biasa yang penting tercantum pada tabel 4.9 berikut.
Tabel 4.9 Beberapa Asam Karboksilat Biasa yang Penting
Asam Karboksilat
Sumber atau Penggunaan
Asam laktat
Dalam susu dan susu masam
Asam oksalat
Dalam bayam dan kelembak
Asam tartrat
Dalam sari anggur sebagai garam monokalium
Asam salisilat
Untuk membuat aspirin dan minyak gandapura
Asam terefltalat
Untuk membuat serat polyester, film dan benda-benda cetakan
Asam sitrat
Dalam jeruk dan beri
                                                                                                (Sumber: Keenan, dkk, 1999:395)
Asam karboksilat merupakan senyawa turunan alkana, sehingga cara penamaannya menjadi asam alkanoat.
a.       Rumus Umum
Perhatikan rumus struktur beberapa senyawa asam karboksilat pada tabel berikut.
No
Nama Asam
Rumus Struktur
Rumus Molekul
1.
Asam metanoat
H-COOH
CH2O2
2.
Asam etanoat
CH3-COOH
C2H4O2
3.
Asam propanoat
CH3-CH2-COOH
C3H6O2
Berdasarkan tabel terlihat jelas bahwa perbandingan atom C : H selalu 1 : 2, maka rumus umum asamkarboksilat (asam alkanoat) adalah CnH2nO2.
b.      Tata Nama
Ada dua cara pemberian nama pada asam karboksilat, yaitu:
1)      Tata nama trivial. Nama trivial asamkarboksilat biasanya didasarkan pada nama sumbernya,bukan berdasarkan strukturnya.Hal ini karena banyaknya asam karboksilat yang telah dikenal orang sejaklama, seperti terlihat pada tabel.
Tabel Contoh Penamaan Asam Karboksilat
Rumus Struktur
Nama Trivial
Sumber/Asal mula
H-COOH
Asam formiat atau asam semut
Ditemukan pada semut Formica rufa
CH3-CH2-CH2-COOH
Asam butirat
Butirat terdapat dalam mentega (butter)
CH3-CH2-CH2-CH2-COOH
Asam valerat
Ditemukan pada akar tanaman valere
2)      Menurut sistem IUPAC. Nama asam alkanoat diturunkan dari nama alkane yang sesuai dengan mengganti akhiran a menjadi oat dan diawali kata asam.
Contoh :    Metana       Asam Metanoat
                  Etana         Asam Etanoat
                  Propana     Asam Propanoat
Cara penamaan asam alkanoat adalah :
a)      Menentukan rantai induk, yaitu rantai C terpanjang yang mengandung gugus karbonil –COOH.
b)      Penomoran dimulai dari atom C gugus fungsi (atom C gugus –COOH) selalu menjadi nomor 1 sehingga posisi gugus karboksil tidak perlu dinyatakan).
c)      Urutan penamaan:
Asam (nomor cabang)-(nama cabang) (alkanoat)
Contoh:
CH3-CH-CH2-COOH
         CH3
Asam 3-metil butanoat
CH3- CH-CH-COOH
         CH3  CH3
Asam 2-hidroksi 3-metil butanoat
c.       Sifat-sifat
Beberapa sifat asam karboksilat adalah :
1)      Asam karboksilat merupakan asam lemah. Makin pendek rantai karbon, kekuatan asam makin bertambah.
H-COOOH                   Ka = 1,0 x 10-4
CH3-COOH                  Ka = 1,8x10-5
CH3-CH2-COOH          Ka = 1,3 x 10-5
2)      Asam karboksilat dapat bereaksi dengan basa menghasilkan garam. Reaksi ini disebut reaksi penetralan.
CH3-COOH      +          NaOH                       CH3-COONa    + H2O
Asam asetat                 Na-hidroksid                Na-asetat
3)      Asam karboksilat dapat bereaksi dengan alkohol menghasilkan ester. Reaksi ini dikenal dengan reasi esterifikasi.
CH3-COOH      +          CH3-OH           CH3-COOCH3         + H2O
Asam asetat                                                     Metil asetat
4)      Dapat membentuk ikatan hydrogen dengan air sehingga pada umumnya mempunyai titik didih tinggi.4 mudah larut dalam air. Makin panjang ranati C-nya makin sukar larut dalam air.
5)      Adanya cabang akan mempengaruhi derajat keasaman. Cabang alkil akan mengurangi keasaman, sedangkan jika cabangnya atom-atom halogen akan menambah keasaman.
d.      Pembuatan
Asam karboksilat dapat dibuat dengan beberapa cara, yaitu:
1)      Oksidasi alkohol primer atau aldehida dengan suatau oksidator
CH3-CH2-CH2-OH CH3-CH2-COOH
2)      Hidrolisis senyawa alkane nitril pada suhu tinggi dan asam kuat
CH3-CN     +          CN                 CH3-COOH     + NH3
Metil sianida                                  Asam asetat
e.       Kegunaan
Asam karboksilat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari,diantaranya:
1)      Asam formiat  (asam semut) banyak digunakan dalam industry teksil, penyamakan kulit, dan di perkebunan karet untuk mengumpulkan lateks (getah pohon karet)
2)      Asam asetat (asam cuka) sebagai pemberi rasa asam dan sebagai pengawet makanan.
3)      Sebagai bahan pembuatan ester dengan cara mereaksikannya dengan alkohol.
4)      Asam karboksilat suhu tinggi dipergunakan untuk pembuatan sabun jika direaksikan dengan basa, misalnya asam stearat, asam palmitat dan lain-lain
E.     Metode pembelajaran                                    : Pendekatan Scientific (Pendekatan ilmiah)
F.      Kegiatan pembelajaran                      :
1.      Pendahuluan ( 15 menit)
a.       Motivasi
Siswa diajak mengenal senyawa asam karboksilat yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya asam cuka yang dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan dengan membaca artikel dan menyimak artikel tentang gugus fungsi, tatanama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa asam alkanoat. Setelah itu guru menanyakan “apakah asam alkanoat yang lain juga dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makana?”, kemudian siswa diberikan kesempatan bertanya  agar memotivasi siswa untuk tertarik belajar mengenai materi ini.
b.      Pemberian acuan
Guru menyampaikan garis besar materi yang akan di pelajari siswa meliputi strukur dan isomer senyawa asam alkanoat, pemberian nama menurut IUPAC, dan sifat-sifat fisis dan kimia senyawa asam alkanoat. Kemudian guru membagi siswa menjadi 7-9 kelompok (masing-masing terdiri dari 5-6 orang) dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Pertama, tiap kelompok diminta untuk melakukan percobaan identifikasi asam alkanoat dengan (alat bahan dan data pengamatan telah disiapkan oleh guru) Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan data pengamatan secara kelompok. Kemudian tiap kelompok ditugaskan untuk berdiskusi sesuai dengan pembagian sebagai berikut:
Kelompok 1 - 2 diminta untuk mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa asam alkanoat, kelompok  3- 4 diminta untuk mendiskusikan aturan pemberian nama senyawa asam alkanoat menurut IUPAC, dan kelompok 5-6 diminta untuk mendiskusikan sifat-sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat, kelompok 7-8 mendiskusikan tentang kegunaan senyawa asam alkanoat dalam bernagai bidang misalnya farmasi, industry dan lain-lain. Bahan diskusi bisa bersumber dari buku paket, LKS maupun internet, diskusi berlangsung selama 20 menit dan dipresentasikan 5 menit per kelompok.
3.      Kegiatan akhir ( 15 menit)
 Setelah presentasi selesai, guru memberikan konfirmasi dan mengenai materi yang telah didiskusikan serta membantu atau mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan dari serangkaian kegiatan percobaan dan diskusi yang telah dilakukan. Setelah itu guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan-pertanyaan dan soal-soal mengenai senyawa asam alkanoat untuk dikerjakan dirumah dan juga tugas berupa laporan hasil percobaan yang ditulis tangan untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
G.     Alat dan Sumber Belajar
-          Alat dan Bahan : Alat tulis, LCD,
-          Sumber belajar : Buku kimia kelas XII, CD Kimia karbon, LKS kimia dan situs kimia tentang kimia karbon (internet)
H.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
-          Teknik Penilaian
a.       Teknik Penilaian Tes : siswa menjawab soal-soal mengenai senyawa asam alkanoat (PR)
b.      Teknik Penilaian non tes : data pengamatan (bersifat kelompok) dan laporan hasil percobaan (bersifat individual)
-          Bentuk
a.       Penilaian tes: 5 butir soal uraian
b.      Penilaian non tes: laporan hasil percobaan
-          Instrumen (tes dan non tes)
Naskah soal
-          Kunci dan pedoman penskoran)
-          Tugas
Mencari artikel senyawa alkil alkoanoat untuk materi pertemuan selanjtunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Text

Pages - Menu