Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas / Semester : XII / 2
Mata Pelajaran : Kimia
Materi Pokok : Struktur, tatanama, sifat,
identifikasi dan kegunaan senyawa asam alkanoat
Pertemuan Ke- : 36 ( Minggu Ke 19)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi dasar :
- Menjelaskan struktur, tatanama
dan sifat senyawa asam karboksilat
- Merancang dan melakukan
percobaan identifikasi asam karboksilat
B.
Indikator pencapaian kompetensi :
- Mengidentifikasi senyawa asam
karboksilat (asam alkanota) melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa
asam karboksilat (asam alkanoat) yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa
asam alkanoat dalam bidang farmasi, industri dll.
C.
Tujuan pembelajaran :
Setelah melakukan kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
Mengidentifikasi senyawa asam
alkanoat melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa
asam alkanoat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa
asam alkanoat dalam bidang farmasi, industri dll.
D.
Materi ajar :
1.
Asam
Karboksilat
Asam
karboksilat merupakan senyawa asam dengan gugus fungsi karboksil – COOH. Gugs
fungsi karboksil merupakan gabungan dari gugus karbonil –CHO dengan gugus
hidroksil – OH. Golongan senyawa ini paling awal diselidiki oleh para ilmuwan
kimiakarena banyak terdapat di alam. Beberapa asam karboksilat biasa yang
penting tercantum pada tabel 4.9 berikut.
Tabel 4.9
Beberapa Asam Karboksilat Biasa yang Penting
Asam
Karboksilat
|
Sumber
atau Penggunaan
|
Asam
laktat
|
Dalam
susu dan susu masam
|
Asam
oksalat
|
Dalam
bayam dan kelembak
|
Asam
tartrat
|
Dalam
sari anggur sebagai garam monokalium
|
Asam
salisilat
|
Untuk
membuat aspirin dan minyak gandapura
|
Asam
terefltalat
|
Untuk
membuat serat polyester, film dan benda-benda cetakan
|
Asam
sitrat
|
Dalam
jeruk dan beri
|
(Sumber: Keenan, dkk, 1999:395)
Asam karboksilat merupakan
senyawa turunan alkana, sehingga cara penamaannya menjadi asam alkanoat.
a.
Rumus
Umum
Perhatikan
rumus struktur beberapa senyawa asam karboksilat pada tabel berikut.
No
|
Nama
Asam
|
Rumus
Struktur
|
Rumus
Molekul
|
1.
|
Asam
metanoat
|
H-COOH
|
CH2O2
|
2.
|
Asam
etanoat
|
CH3-COOH
|
C2H4O2
|
3.
|
Asam
propanoat
|
CH3-CH2-COOH
|
C3H6O2
|
Berdasarkan
tabel terlihat jelas bahwa perbandingan atom C : H selalu 1 : 2, maka rumus
umum asamkarboksilat (asam alkanoat) adalah CnH2nO2.
b.
Tata
Nama
Ada dua
cara pemberian nama pada asam karboksilat, yaitu:
1)
Tata
nama trivial. Nama trivial asamkarboksilat biasanya didasarkan pada nama
sumbernya,bukan berdasarkan strukturnya.Hal ini karena banyaknya asam
karboksilat yang telah dikenal orang sejaklama, seperti terlihat pada tabel.
Tabel
Contoh Penamaan Asam Karboksilat
Rumus
Struktur
|
Nama
Trivial
|
Sumber/Asal mula
|
H-COOH
|
Asam
formiat atau asam semut
|
Ditemukan
pada semut Formica rufa
|
CH3-CH2-CH2-COOH
|
Asam
butirat
|
Butirat
terdapat dalam mentega (butter)
|
CH3-CH2-CH2-CH2-COOH
|
Asam
valerat
|
Ditemukan
pada akar tanaman valere
|
2)
Menurut
sistem IUPAC. Nama asam alkanoat diturunkan dari nama alkane yang sesuai dengan
mengganti akhiran a menjadi oat dan diawali kata asam.
Contoh
: Metana �
Asam Metanoat
Etana �
Asam Etanoat
Propana � Asam Propanoat
Cara
penamaan asam alkanoat adalah :
a)
Menentukan
rantai induk, yaitu rantai C terpanjang yang mengandung gugus karbonil –COOH.
b)
Penomoran
dimulai dari atom C gugus fungsi (atom C gugus –COOH) selalu menjadi nomor 1
sehingga posisi gugus karboksil tidak perlu dinyatakan).
c)
Urutan
penamaan:
Asam
(nomor cabang)-(nama cabang) (alkanoat)
Contoh:
CH3-CH-CH2-COOH
CH3
Asam
3-metil butanoat
CH3- CH-CH-COOH
CH3 CH3
Asam
2-hidroksi 3-metil butanoat
c.
Sifat-sifat
Beberapa
sifat asam karboksilat adalah :
1)
Asam
karboksilat merupakan asam lemah. Makin pendek rantai karbon, kekuatan asam
makin bertambah.
H-COOOH Ka = 1,0 x 10-4
CH3-COOH Ka = 1,8x10-5
CH3-CH2-COOH Ka = 1,3 x 10-5
2)
Asam
karboksilat dapat bereaksi dengan basa menghasilkan garam. Reaksi ini disebut
reaksi penetralan.
CH3-COOH + NaOH � CH3-COONa +
H2O
Asam
asetat Na-hidroksid Na-asetat
3)
Asam
karboksilat dapat bereaksi dengan alkohol menghasilkan ester. Reaksi ini
dikenal dengan reasi esterifikasi.
CH3-COOH + CH3-OH � CH3-COOCH3 + H2O
Asam
asetat Metil
asetat
4)
Dapat
membentuk ikatan hydrogen dengan air sehingga pada umumnya mempunyai titik didih
tinggi.4 mudah larut dalam air. Makin panjang ranati C-nya makin sukar larut
dalam air.
5)
Adanya
cabang akan mempengaruhi derajat keasaman. Cabang alkil akan mengurangi
keasaman, sedangkan jika cabangnya atom-atom halogen akan menambah keasaman.
d.
Pembuatan
Asam
karboksilat dapat dibuat dengan beberapa cara, yaitu:
1)
Oksidasi
alkohol primer atau aldehida dengan suatau oksidator
CH3-CH2-CH2-OH
�
CH3-CH2-COOH
2)
Hidrolisis
senyawa alkane nitril pada suhu tinggi dan asam kuat
CH3-CN + CN � CH3-COOH +
NH3
Metil sianida Asam asetat
e.
Kegunaan
Asam
karboksilat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari,diantaranya:
1)
Asam
formiat (asam semut) banyak digunakan
dalam industry teksil, penyamakan kulit, dan di perkebunan karet untuk
mengumpulkan lateks (getah pohon karet)
2)
Asam
asetat (asam cuka) sebagai pemberi rasa asam dan sebagai pengawet makanan.
3)
Sebagai
bahan pembuatan ester dengan cara mereaksikannya dengan alkohol.
4)
Asam
karboksilat suhu tinggi dipergunakan untuk pembuatan sabun jika direaksikan
dengan basa, misalnya asam stearat, asam palmitat dan lain-lain
E.
Metode pembelajaran : Pendekatan Scientific (Pendekatan
ilmiah)
F.
Kegiatan pembelajaran :
1.
Pendahuluan
( 15 menit)
a.
Motivasi
Siswa
diajak mengenal senyawa asam karboksilat yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
misalnya asam cuka yang dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan dengan
membaca artikel dan menyimak artikel tentang gugus fungsi, tatanama, sifat dan
kegunaan senyawa-senyawa asam alkanoat. Setelah itu guru menanyakan “apakah
asam alkanoat yang lain juga dapat digunakan sebagai penambah rasa pada
makana?”, kemudian siswa diberikan kesempatan bertanya agar memotivasi siswa untuk tertarik belajar
mengenai materi ini.
b.
Pemberian
acuan
Guru
menyampaikan garis besar materi yang akan di pelajari siswa meliputi strukur
dan isomer senyawa asam alkanoat, pemberian nama menurut IUPAC, dan sifat-sifat
fisis dan kimia senyawa asam alkanoat. Kemudian guru membagi siswa menjadi 7-9
kelompok (masing-masing terdiri dari 5-6 orang) dan menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Pertama,
tiap kelompok diminta untuk melakukan percobaan identifikasi asam alkanoat
dengan (alat bahan dan data pengamatan telah disiapkan oleh guru) Setelah itu,
siswa diminta untuk menuliskan data pengamatan secara kelompok. Kemudian tiap
kelompok ditugaskan untuk berdiskusi sesuai dengan pembagian sebagai berikut:
Kelompok
1 - 2 diminta untuk mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa asam alkanoat,
kelompok 3- 4 diminta untuk
mendiskusikan aturan pemberian nama senyawa asam alkanoat menurut IUPAC, dan
kelompok 5-6 diminta untuk mendiskusikan sifat-sifat fisis dan sifat kimia
senyawa-senyawa asam alkanoat, kelompok 7-8 mendiskusikan tentang kegunaan
senyawa asam alkanoat dalam bernagai bidang misalnya farmasi, industry dan
lain-lain. Bahan diskusi bisa bersumber dari buku paket, LKS maupun internet,
diskusi berlangsung selama 20 menit dan dipresentasikan 5 menit per kelompok.
3.
Kegiatan
akhir ( 15 menit)
Setelah presentasi selesai, guru memberikan
konfirmasi dan mengenai materi yang telah didiskusikan serta membantu atau
mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan dari serangkaian kegiatan percobaan
dan diskusi yang telah dilakukan. Setelah itu guru memberikan evaluasi berupa
pertanyaan-pertanyaan dan soal-soal mengenai senyawa asam alkanoat untuk
dikerjakan dirumah dan juga tugas berupa laporan hasil percobaan yang ditulis
tangan untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
G. Alat dan Sumber Belajar
-
Alat
dan Bahan : Alat tulis, LCD,
-
Sumber
belajar : Buku kimia kelas XII, CD Kimia karbon, LKS kimia dan situs kimia
tentang kimia karbon (internet)
H. Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
-
Teknik
Penilaian
a.
Teknik
Penilaian Tes : siswa menjawab soal-soal mengenai senyawa asam alkanoat (PR)
b.
Teknik
Penilaian non tes : data pengamatan (bersifat kelompok) dan laporan hasil
percobaan (bersifat individual)
-
Bentuk
a.
Penilaian
tes: 5 butir soal uraian
b.
Penilaian
non tes: laporan hasil percobaan
-
Instrumen
(tes dan non tes)
Naskah
soal
-
Kunci
dan pedoman penskoran)
-
Tugas
Mencari artikel senyawa alkil
alkoanoat untuk materi pertemuan selanjtunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar