Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas / Semester : XII / 2
Mata Pelajaran : Kimia
Materi Pokok : Struktur, tatanama, sifat,
identifikasi dan kegunaan senyawa alkanal
Pertemuan Ke- : 35 ( Minggu Ke 18)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi dasar :
- Menjelaskan struktur, tatanama
dan sifat senyawa alkanal
- Merancang dan melakukan
percobaan identifikasi alkanal
B.
Indikator pencapaian kompetensi :
- Mengidentifikasi senyawa
alkanal melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa
aldehid yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa
alkanal dalam bidang farmasi, industri dll.
C.
Tujuan pembelajaran :
Setelah melakukan kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
Mengidentifikasi senyawa alkanal
melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa
aldehid yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa
alkanal dalam bidang farmasi, industri dll.
D.
Materi ajar :
1.
Aldehid
( Alkanal )
Aldehid
atau alkanal adalah senyawa turunan alkane dengan gugus fungsi –CHO. Rumus
struktur aldehid adalah R-CHO.
a.
Rumus
Umum
Perhatikan
rumus struktur beberapa aldehid pada tabel berikut.
Tabel.
Rumus Struktur Beberapa Aldehid
No
|
Nama
|
Rumus
Struktur
|
Rumus
Molekul
|
C
: H : O
|
1
|
Metanal
|
H-CHO
|
CH2O
|
1
: 2 :1
|
2
|
Etanal
|
CH3-CHO
|
C2H4O
|
2
: 4 :1
|
3
|
Propanal
|
CH3-CH2-CHO
|
C3H6O
|
3
: 6 : 1
|
Dari
contoh-contoh diatas, maka dapat disimpulkan rumus umum aldehid atau alkanal
adalah CnH2nO.
b.
Tata
Nama
1)
Nama
IUPAC
Nama
aldehid sebagai turunan dari alkane diturunkan dari nama alkane dengan
mengganti akhiran a dengan al.
Contoh
:
CH4 è H-CHO
Metana Metanal
CH3-CH3 è CH3-CHO
Etana Etanal
Tata
nama senyawa aldehid dengan rantai cabang sama seperti tata nama alkohol,
tetapi posisi gugus fungsi –CHO tidak perlu dinyatakan karena selalu menjadi
atom karbon nomor satu.
Contoh
:
CH3-CH2-CH(CH3)-CHO
2-metil
butanal
2)
Nama
Lazim (Trivial)
Contoh
penamaan aldehid secara trivial seperti pada tabel berikut.
Tabel.
Nama Lazim (Trivial) Aldehid
No
|
Rumus
Struktur
|
Nama
Lazim
|
1
|
H-CHO
|
Formaldehid
|
2
|
CH3-CHO
|
Asetaldehid
|
3
|
CH3-CH2-CHO
|
Propionaldehid
|
4
|
CH3-(CH2)2-CHO
|
Butiraldehid
|
c.
Keisomeran
Aldehid
Keisomeran
alkanal mulai terdapat pada butanal yang mempunyai dua isomer, yaitu butanal
dan 2-metil-propanal (isobutanal).
CH3-(CH2)2-CHO CH3-CH(CH3)-CHO
Butanal 2-metil-propanal
d.
Pembuatan
Aldehid
Aldehid
dapat dibuat dengan dua cara, yaitu:
1)
Oksidasi
alkohol primer
Contoh:
Asetaldehida
(etanal) dibuat dari etanol dengan reaksi berikut.
CH3-CH2-OH
è CH3-CHO
2)
Ozonalisa
alkena
Asetaldehida
(etanal) dibuat dari 2-butena dengan reaksi berikut.
E.
Metode pembelajaran : Pendekatan
Scientific (Pendekatan ilmiah)
F.
Kegiatan pembelajaran :
1.
Pendahuluan
( 15 menit)
a.
Motivasi
Siswa
diajak mengenal senyawa alkanal yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan bahaya dari penyalah gunaan senyawa alkanal, misalnya formalin
(salah satu senyawa alkanal) sebagai pengawet makanan yang dapat menyebabkan
kanker, dengan membaca artikel dan
menyimak artikel tentang kegunaan dan bahaya formalin. Setelah itu guru
menanyakan contoh-contoh makanan yang biasa diberikan formalin yang ada
disekitar kita dan pertanyaan yang terkait misalnya “ Mengapa senyawa
formaldehid (formalin) sering disalahgunakan untuk pengawet makanan? “ dan “bagaimana
cara mengidentifikasi makanan yang mengandung formalin?” dan siswa diberikan
kesempatan bertanya agar memotivasi
siswa untuk tertarik belajar mengenai materi ini dan mengenai artikel bahaya
penggunaan formalin yang mereka bawa.
b.
Pemberian
acuan
Guru
menyampaikan garis besar materi yang akan di pelajari siswa meliputi strukur
dan isomer senyawa alkanal, pemberian nama menurut IUPAC, dan sifat-sifat fisis
dan kimia senyawa alkanal. Kemudian guru membagi siswa menjadi 7-9 kelompok (
masing-masing terdiri dari 5-6 orang) dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Pertama,
tiap kelompok diminta untuk melakukan percobaan identifikasi alkanal dengan
(alat bahan dan data pengamatan telah disiapkan oleh guru) Setelah itu, siswa
diminta untuk menuliskan data pengamatan secara kelompok. Kemudian tiap
kelompok ditugaskan untuk berdiskusi sesuai dengan pembagian sebagai berikut:
Kelompok
1 - 2 diminta untuk mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa alkanal,
kelompok 3- 4 diminta untuk
mendiskusikan aturan pemberian nama senyawa alkanal menurut IUPAC, dan kelompok
5-6 diminta untuk mendiskusikan sifat-sifat fisis dan sifat kimia
senyawa-senyawa alkanal, kelompok 7-8 mendiskusikan tentang kegunaan senyawa
alkanal delambernagai bidang misalnya farmasi, industry dan lain-lain. Bahan
diskusi bisa bersumber dari buku paket, LKS maupun internet, diskusi
berlangsung selama 20 menit dan dipresentasikan 5 menit per kelompok.
3.
Kegiatan
akhir ( 15 menit)
Setelah presentasi selesai, guru memberikan
konfirmasi dan mengenai materi yang telah didiskusikan serta membantu atau
mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan dari serangkaian kegiatan percobaan
dan diskusi yang telah dilakukan. Setelah itu guru memberikan evaluasi berupa
pertanyaan-pertanyaan dan soal-soal mengenai senyawa alkanal untuk dikerjakan
dirumah dan juga tugas berupa laporan hasil percobaan yang ditulis tangan untuk
dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
G. Alat dan Sumber Belajar
-
Alat
dan Bahan : Alat tulis, LCD,
-
Sumber
belajar : Buku kimia kelas XII, CD Kimia karbon, LKS kimia dan situs kimia
tentang kimia karbon (internet)
H. Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
-
Teknik
Penilaian
a.
Teknik
Penilaian Tes : siswa menjawab soal-soal mengenai senyawa alkanal (PR)
b.
Teknik
Penilaian non tes : data pengamatan (bersifat kelompok) dan laporan hasil
percobaan (bersifat individual)
-
Bentuk
a.
Penilaian
tes: 5 butir soal uraian
b.
Penilaian
non tes: laporan hasil percobaan
-
Instrumen
(tes dan non tes)
Naskah
soal
-
Kunci
dan pedoman penskoran)
-
Tugas
Mencari artikel senyawa alkanon
untuk materi pertemuan selanjtunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar