Senin, 06 Januari 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENYAWA ALKANAL






Satuan Pendidikan      : SMA / MA
Kelas / Semester         : XII / 2
Mata Pelajaran          : Kimia
Materi Pokok              : Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa alkanal
Pertemuan Ke-                       : 35 ( Minggu Ke 18)
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit
A.     Kompetensi dasar                               :
- Menjelaskan struktur, tatanama dan sifat senyawa alkanal
- Merancang dan melakukan percobaan identifikasi alkanal
B.     Indikator pencapaian kompetensi      :
- Mengidentifikasi senyawa alkanal melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa aldehid yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa alkanal dalam bidang farmasi, industri dll.
C.     Tujuan pembelajaran                         :
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
Mengidentifikasi senyawa alkanal melalui percobaan
- Mengenal contoh senyawa-senyawa aldehid yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan kegunaan senyawa alkanal dalam bidang farmasi, industri dll.
D.     Materi ajar                                         :
1.      Aldehid ( Alkanal )
Aldehid atau alkanal adalah senyawa turunan alkane dengan gugus fungsi –CHO. Rumus struktur aldehid adalah R-CHO.
a.       Rumus Umum
Perhatikan rumus struktur beberapa aldehid pada tabel berikut.
Tabel. Rumus Struktur Beberapa Aldehid
No
Nama
Rumus Struktur
Rumus Molekul
C : H : O
1
Metanal
H-CHO
CH2O
1 : 2 :1
2
Etanal
CH3-CHO
C2H4O
2 : 4 :1
3
Propanal
CH3-CH2-CHO
C3H6O
3 : 6 : 1
Dari contoh-contoh diatas, maka dapat disimpulkan rumus umum aldehid atau alkanal adalah CnH2nO.
b.      Tata Nama
1)      Nama IUPAC
Nama aldehid sebagai turunan dari alkane diturunkan dari nama alkane dengan mengganti akhiran a dengan al.
Contoh :
CH4            è        H-CHO
Metana                   Metanal
CH3-CH3    è        CH3-CHO
Etana                     Etanal
Tata nama senyawa aldehid dengan rantai cabang sama seperti tata nama alkohol, tetapi posisi gugus fungsi –CHO tidak perlu dinyatakan karena selalu menjadi atom karbon nomor satu.
Contoh :
CH3-CH2-CH(CH3)-CHO
2-metil butanal
2)      Nama Lazim (Trivial)
Contoh penamaan aldehid secara trivial seperti pada tabel berikut.
Tabel. Nama Lazim (Trivial) Aldehid
No
Rumus Struktur
Nama Lazim
1
H-CHO
Formaldehid
2
CH3-CHO
Asetaldehid
3
CH3-CH2-CHO
Propionaldehid
4
CH3-(CH2)2-CHO
Butiraldehid
c.       Keisomeran Aldehid
Keisomeran alkanal mulai terdapat pada butanal yang mempunyai dua isomer, yaitu butanal dan 2-metil-propanal (isobutanal).
CH3-(CH2)2-CHO         CH3-CH(CH3)-CHO
Butanal                                    2-metil-propanal
d.      Pembuatan Aldehid
Aldehid dapat dibuat dengan dua cara, yaitu:
1)      Oksidasi alkohol primer
Contoh:
Asetaldehida (etanal) dibuat dari etanol dengan reaksi berikut.
CH3-CH2-OH         è        CH3-CHO
2)      Ozonalisa alkena
Asetaldehida (etanal) dibuat dari 2-butena dengan reaksi berikut.

E.     Metode pembelajaran                                    : Pendekatan Scientific (Pendekatan ilmiah)
F.      Kegiatan pembelajaran                      :
1.      Pendahuluan ( 15 menit)
a.       Motivasi
Siswa diajak mengenal senyawa alkanal yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan bahaya dari penyalah gunaan senyawa alkanal, misalnya formalin (salah satu senyawa alkanal) sebagai pengawet makanan yang dapat menyebabkan kanker,  dengan membaca artikel dan menyimak artikel tentang kegunaan dan bahaya formalin. Setelah itu guru menanyakan contoh-contoh makanan yang biasa diberikan formalin yang ada disekitar kita dan pertanyaan yang terkait misalnya “ Mengapa senyawa formaldehid (formalin) sering disalahgunakan untuk pengawet makanan? “ dan “bagaimana cara mengidentifikasi makanan yang mengandung formalin?” dan siswa diberikan kesempatan bertanya  agar memotivasi siswa untuk tertarik belajar mengenai materi ini dan mengenai artikel bahaya penggunaan formalin yang mereka bawa.
b.      Pemberian acuan
Guru menyampaikan garis besar materi yang akan di pelajari siswa meliputi strukur dan isomer senyawa alkanal, pemberian nama menurut IUPAC, dan sifat-sifat fisis dan kimia senyawa alkanal. Kemudian guru membagi siswa menjadi 7-9 kelompok ( masing-masing terdiri dari 5-6 orang) dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Pertama, tiap kelompok diminta untuk melakukan percobaan identifikasi alkanal dengan (alat bahan dan data pengamatan telah disiapkan oleh guru) Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan data pengamatan secara kelompok. Kemudian tiap kelompok ditugaskan untuk berdiskusi sesuai dengan pembagian sebagai berikut:
Kelompok 1 - 2 diminta untuk mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa alkanal, kelompok  3- 4 diminta untuk mendiskusikan aturan pemberian nama senyawa alkanal menurut IUPAC, dan kelompok 5-6 diminta untuk mendiskusikan sifat-sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa alkanal, kelompok 7-8 mendiskusikan tentang kegunaan senyawa alkanal delambernagai bidang misalnya farmasi, industry dan lain-lain. Bahan diskusi bisa bersumber dari buku paket, LKS maupun internet, diskusi berlangsung selama 20 menit dan dipresentasikan 5 menit per kelompok.
3.      Kegiatan akhir ( 15 menit)
 Setelah presentasi selesai, guru memberikan konfirmasi dan mengenai materi yang telah didiskusikan serta membantu atau mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan dari serangkaian kegiatan percobaan dan diskusi yang telah dilakukan. Setelah itu guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan-pertanyaan dan soal-soal mengenai senyawa alkanal untuk dikerjakan dirumah dan juga tugas berupa laporan hasil percobaan yang ditulis tangan untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
G.     Alat dan Sumber Belajar
-          Alat dan Bahan : Alat tulis, LCD,
-          Sumber belajar : Buku kimia kelas XII, CD Kimia karbon, LKS kimia dan situs kimia tentang kimia karbon (internet)
H.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
-          Teknik Penilaian
a.       Teknik Penilaian Tes : siswa menjawab soal-soal mengenai senyawa alkanal (PR)
b.      Teknik Penilaian non tes : data pengamatan (bersifat kelompok) dan laporan hasil percobaan (bersifat individual)
-          Bentuk
a.       Penilaian tes: 5 butir soal uraian
b.      Penilaian non tes: laporan hasil percobaan
-          Instrumen (tes dan non tes)
Naskah soal
-          Kunci dan pedoman penskoran)
-          Tugas
Mencari artikel senyawa alkanon untuk materi pertemuan selanjtunya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Text

Pages - Menu